∝ 5+ Cara Mengamankan Whatsapp [WA] Agar Tidak Disadap 2018

Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap 2018 | Tips Mencegah/Mengunci Akun WA supaya tidak kena bajak 2018 - WA merupakan aplikasi chatting, panggilan serta video call online dengan jumlah pengunduh dan pengguna terbanyak didunia. Dengan demikian aplikasi ini tentunya menjadi incaran para hacker untuk mencuri informasi yang berharga seperti percakapan pribadi dan informasi sangat penting lainnya. Aplikasi ini bisa diinstal di sistem operasi Android maupun iOS juga lintas platform.

Karena didalam akun WA berisi informasi sensitif tentunya Anda tak ingin disadap atau dibajak oleh orang yang tak bertanggung-jawab bukan? Dilihat dari segi security penggunaan WA termasuk aman karena menggunakan teknologi enkripsi yang canggih dan juga terdapat fitur pengamanan seperti verifikasi 2 langkah, dll. Tapi tetap ada saja cara mengakalinya agar akun WA tersebut bisa dijebol tanpa disadari sehingga banyak sekali korban yang berjatuhan.

Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap


Cara simple yang bisa kita lakukan adalah Anda jangan pernah menyerahkan smartphone milik kalian kepada orang lain entah dengan modus meminjam sebentar, dll kecuali Anda mengawasinya dengan seksama untuk menghindari dari berbagai macam penyalahgunaan. Sebenarnya ada tanda-tanda khusus yang bisa Anda kenali dengan mudah jika akun WA sedang kena sadap orang, jadi teruslah membaca agar Anda dapat mengetahuinya.

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang jaman now maka teknik sadap juga semakin maju. Salah satu metode penyadapan yang banyak dilakukan adalah pada aplikasi chatting yang paling banyak penggunanya saat ini yaitu WhatsApp. Berikut Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Disadap:

1. LANGKAH PERTAMA Agar WhatsApp Kamu Tidak Kena Bajak


Apabila Anda sudah membaca tanda-tanda akun WA telah dibajak dan memang ciri akun WA milik Anda seperti itu maka Anda harus segera melakukan tindakan dibawah ini:

Anda jalankan aplikasi WA milikmu lalu pilih titik tiga disebelah kanan atas aplikasi dan pilih "WhatsApp Web".


Kemudian diarea WhatsApp Web Anda pilih "Keluar dari semua komputer"  atau "Log out from all computers" lalu Anda pilih "Keluar" atau "LOG OUT".


Dengan menerapkan langkah ini maka Akun WA milik Anda dengan sendirinya akan log out dari perangkat-perangkat yang mencurigakan itu.

2. Menginstal AntiVirus dan Anti Spy untuk Menghentikan Whatsapp Yang Disadap



Cara Mencegah Akun WA supaya tidak kena bajak selanjutnya untuk menghentikan WA yang disadap adalah menginstal antivirus dan antispy yang bernama Anti Spy Mobile Free, berikut ini langkah-langkahnya:

Anda unduh dulu aplikasi Anti Spy Mobile Free melalui Google Play Store lalu Anda install dengan benar.

Jalankan aplikasinya dan scan virus, malware atau keylogger yang dicurigai ada di hp milik Anda.

Apabila memang ada virus dan software penyadap maka akan terlihat daftar aplikasinya.



Dan langkah pamungkasnya adalah Anda cukup melakukan uninstall aplikasi mencurigakan tersebut.


3. Dengan Aplikasi LOCKit Untuk Mencegah Percakapan di WhatsApp Disadap Orang Lain



Cara ketujuh untuk mengunci WA agar tidak dihack yaitu memakai aplikasi LOCKit. Aplikasi ini bermanfaat untuk Anda karena aplikasi WhatsApp tidak akan dibuka tanpa seizin dari Anda. Metodenya akan saya jelaskan dibawah ini:

Unduh dulu aplikasi LOCKit di Play Store jika Anda belum memilikinya.

Kemudian Anda install dengan sempurna lalu buka aplikasinya.

Tugas Anda selanjutnya adalah dengan membuat pola kunci dengan pattern tertentu serta Anda membuat juga pattern yang sama untuk menegaskan pola yang sudah Anda create tadi.


Step selanjutnya munculah "Security Question" Anda tinggal menginputnya saja, lebih baik Anda menyimpannya di note agar tidak lupa lalu Anda pilih "Done" jika sudah selesai.

Lalu Anda centang pada bagian "WhatsApp" lalu Anda klik tombol "Protect".


Langkah selanjutnya Anda pilih "Permit" lalu pilih aplikasi "LOCKit".

Sebagai langkah terakhir, Anda tinggal mengaktifkan "Permit Usage Access".

Selesai.

4. Mengaktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah Untuk Mengunci Chat di WhatsApp Agar Tidak Disadap


Cara mengatasi WA disadap adalah menggunakan Fitur Verifikasi 2 Langkah yang merupakan fitur keamanan dengan metode yakni menginput password 6 digit disaat Anda mau melakukan registrasi no. smartphonemu kembali atau reinstall aplikasi WA dihp milik Anda. Tentunya hal ini bermanfaat untuk memproteksi data diakun WA milikmu diambil alih oleh orang jahat. Dibawah ini langkah detilnya:

Jalankan aplikasi WA di hp Anda lalu pilih titik tiga dibagian pojok kanan atas aplikasi lalu pilih "PENGATURAN".


Lalu Anda pilih "AKUN" lalu Anda pilih "Two-step verification". Kemudian Anda klik "ENABLE" dan secara otomatis Anda disuruh menginput enam digit password.


Langkah terakhir adalah Anda mengklik tombol "NEXT".


Finish!

Jika Anda menerapkan metode ini maka apabila ada hacker yang mencoba membobol akun WA milikmu akan dimintai enam digit password yang Anda masukan tadi. Kalau bukan Anda tentu akan kesulitan karena tidak mengetahui passwordnya.

5. Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan Untuk Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap


Cara terakhir untuk mengetahui siapa yang menyadap WhatsApp kita yaitu dengan mengunci aplikasi WhatsApp namun dengan tanpa tool tambahan. Tapi tak semua hp memiliki fitur ini, jika hp Anda tak mendukung Anda tinggal dowload aplikasinya untuk mengunci WA Anda. Langkahnya adalah dibawah ini:

Anda membuka menu "Keamanan" lalu pilih "Kunci Aplikasi".

Lalu Anda harus menciptakan pola kunci Anda sendiri lalu Anda membuat pattern yang sama yang Anda buat tadi untuk mengkonfirmasinya lalu Anda pilih "Berikutnya".

Langkah terakhir adalah Anda aktifkan "WhatsApp".


Selesai sudah.

Cara Mengetahui WhatsApp Kita Dibajak Atau Tidak


Tapi sangat disayangkan karena para pemakai aplikasi WA banyak yang tidak mengenali tanda-tanda bahwa akun WA mereka sedang dibajak sehingga para pembajak dengan leluasa membaca arus lalu lintas data yang hilir mudik melalui hp target tanpa diketahui korban.

Nah disini kuotainternetgue.com akan memberikan penjelasan kepada Anda bagaimana cara mengetahui whatsapp kita disadap orang terbaru 2018.

1. WA Web/Desktop Aktif Untuk Mengetahui WhatsApp Kita Disadap atau Tidak


Cara pertama untuk mengetahui WhatsApp disadap atau tidak yaitu Anda mengecek fitur WhatsApp Web pada aplikasi WA milik Anda. Apabila Anda tidak pernah menyentuh penggunaan scan code QR yang terdapat pada fitur WhatsApp Web, namun kondisinya ternyata aktif atau pernah aktif/logged/tersambung, Anda bisa mengatakan kepada diri sendiri: "WAH akun WA saya telah disadap orang!"


Baca juga: Cara menyadap WA tanpa meminjam hp korban

2. Membalas Chat Sendiri Tanpa Anda Sadari


Apabila Anda tidak pernah merasa membalas chat orang lain tapi kok WA milik Anda seperti ada yang mengontrolnya diluar kendali Anda seperti dapat membalas sendiri pesan yang masuk untuk Anda, ini dipastikan akun WA Anda telah dihack orang jahat.

Baca juga: Cara Sadap WhatsApp

3. WA Sedang ON Padahal Anda Tidak Mengaktifkannya


Jika hp Anda di-OFF kan namun sangat aneh ketika Anda melihat hp kerabat Anda dimana akun WA Anda sedang aktif maka Anda tak perlu berfikir panjang lagi karena WA Anda berarti sedang dihack oleh orang lain.

Baca juga: Cara Menggunakan Group Video Call WA

4. Chat Terbaca Dengan Sendirinya Adalah Ciri-Ciri WhatsApp Disadap Orang Lain


Cara keempat untuk mengetahui WA kita dibajak orang lain yaitu dengan memperhatikan aktifitas yang janggah di akun WA milikmu. Jika Anda tidak pernah merasa membuka sebuah chat namun ternyata chat itu sudah dalam keadaan status terbaca berarti ini ada apa-apanya.

Ini berarti tanda-tanda WA kita sedang dibajak oleh orang yang tak bertanggung-jawab alias ada orang lain sedang mengintip isi WA kita. Bete kan?

5. Aktif di Perangkat Lain


Tanda-tanda WA kita dibajak orang yakni akan munculnya akun WA milikmu di perangkat lain yang bukan milikmu. Untuk mengetahuinya sangat mudah yakni:

Jalankan aplikasi WA lalu Anda klik ikon tiga titik yang terdapat diarea pojok kanan atas.

Anda klik WhatsApp Web.

Kemudian akan terlihat pemberitahuan tentang akun WA milikmu yang sedang ON di perangkat lain yang bukan kepunyaanmu.

Akhir Kata


WA memang enak dipakainya dan membuat orang kecanduan, hal inipun mudah diketahui karena banyak sekali orang diseluruh dunia yang mengunduh dan menginstal serta memakai aplikasi chatting yang keren ini. Namun dibalik keasyikan Anda menggunakannya terdapat bahaya yang mengancam jika Anda tidak waspada karena kalau tidak hati-hati maka orang lain dapat mencuri privasi Anda.

Akibatnya kehidupan rahasia Anda akan terbongkar dengan mudah dan berbagai informasi yang dapat merugikan Anda secara finansial juga bisa terjadi. Karena itu Anda harus menerapkan trik diatas untuk mencegah semua hal itu menimpa dalam hidup Anda. Demikianlah artikel tentang Cara Cek/Kunci Agar WhatsApp Kita Tidak DiBajak/Disadap 2018, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Reaksi:
Share this with short URL:

Artikel Terkait: ∝ 5+ Cara Mengamankan Whatsapp [WA] Agar Tidak Disadap 2018

BUKA KOMENTAR TUTUP KOMENTAR